free counter statistics

5 Khasiat kayu manis yang jarang orang tahu

Kayu Manis termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis menjadi salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan oleh orang-orang. Juga dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit. Tinggi tanaman kayu manis berkisar antara 5 sampai 15 meter, sedangkan kulit pohonnya berwarna abu-abu dengan baunya yang khas.

Khasiat dan manfaat Kayu Manis:
1. Mengontrol Gula Darah
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Kayu Manis ternyata dapat mengatur kadar gula darah sehingga Kayu Manis merupakan rempah yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic. Selain itu, Kayu manis juga dapat menstabilkan energi dalam tubuh.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Kayu Manis mengandung kalsium, serat, dan banyak zat mineral. Untuk itu, Kayu Manis sangat cocok bagi kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu Manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada Kayu Manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh. Tah hanya itu, serat pada Kayu Manis juga bisa mengobati diare.

3. Menghangatkan tubuh
Kayu Manis biasanya digunakan sebagai obat tradisional pada orang yang terkena deman atau influenza. Hal ini disebabkan Kayu Manis mengandung zat yang membuat tubuh menjadi lebih hangat.

4. Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu Manis tentunya dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine, menunjukkan jika Kayu Manis juga dapat mengurangi sitokin atau protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi, dan hematopoesis yang dapat menyebabkan rematik.

5. Obat serbaguna
Kayu Manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu Kayu Manis juga mengandung kandungan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu Manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesterone, dan mengurangi hormon testosterone pada wanita.

Comment

There is no comment on this post. Be the first one.

Leave a comment